Ayo kembangkan potensi wisata negara kita....

Raja Bone Ke IV : We Banrigau Daeng Marowa MakkaleppiE (1496 – 1516) # 1

We Banrigau Daeng Marowa MakkaleppiE menggantikan ayahnya La Saliyu Karampeluwa sebagai Mangkau’ di Bone. We Banrigau digelar pula Bissu Lalempili dan Arung Majang. Ketika menjadi Mangkau’ di Bone, We Banrigau menyuruh Arung Katumpi yang bernama La Datti untuk membeli Bulu’ Cina (gunung Cina) senilai 90 ekor kerbau jantan. Akhirnya gunung yang terletak di sebelah barat Kampung Laliddong itu benar-benar dibelinya.

Kemudian disuruhlah Arung Katumpi untuk menempati gunung tersebut dan sekaligus menjaganya. Karena jennang (penjaga) gunung Arumpone dibunuh oleh orang Katumpi, maka digempurlah Katumpi oleh orang Bone sehingga dirampaslah sawahnya yang ada di sebelah timur dan barat Kampung Laliddong. Saudaranya yang bernama La Tenri Gora itulah yang diserahkan Majang dan Cina, maka La Tenri Gora disebut sebagai Arung Majang dan Arung Cina. Sedangkan anak pertamanya yang bernama La Tenri Sukki dipersiapkan untuk menjadi Mangkau’ di Bone.

Setelah kurang lebih 18 tahun lamanya dipersiapkan untuk memangku Kerajaan di Bone, maka dilantiklah La Tenri Sukki menjadi Mangkau’ di Bone dan menempati Saoraja Bone. MakkaleppiE bersama anak bungsunya yang bernama La Tenri Gora memilih untuk bertempat tinggal di Cina.

Suatu saat ketika berada di Cina, MakkaleppiE naik ke atas loteng rumahnya. Tiba-tiba ada api yang menyala di atas loteng (menurut keyakinan orang disebut = api dewata). Setelah api itu padam, maka MakkaleppiE tidak nampak lagi di tempat duduknya. Oleh karena itu, We Banrigau Daeng Marowa dinamakan MallajangE ri Cina.

Bersambung # 2

Catatan : Disadur dari Lontara Akkarungeng ri Bone, milik Drs. A. Amir Sessu Mantan KASI KEBUDAYAAN KANDEPDIKBUD Kab. Bone yang diterbitkan dengan biaya Pemerintah Daerah Tingkat I Sulawesi Selatan tahun 1985.
Oleh : Drs. Asmat Riady Lamallongeng
Sudah Di Publis juga Di www.bugismakassar.info

1 komentar:

wisata sulsel mengatakan...

Wisata-sulsel.blogspot.com,Indonesia, Sulawesi selatan, Makassar, Bugis, Toraja, Mandar, Air Terjun
Kabupaten Bantaeng,Kab. Barru, Kab. Bone, Kab. Maros ,Kab. Sinjai, Kab. Soppeng, Ragam Budaya, Raja Bone, Sejarah, Silsilah Raja, WisataPantai, Wisata Sejarah,Daftar Nama Raja - raja Gowa,Silsilah Raja Bone ( Nama dan Tahun,Raja Bone Ke IV : We Banrigau Daeng Marowa Makkale,Raja Bone Ke IV : We Banrigau Daeng Marowa Makkale,Raja Bone Ke III : La Saliyu Karampeluwa (1424,Raja Bone Ke III : La Saliyu Karampeluwa (1424,Raja Bone Ke II : La Ummasa To Mulaiye Panreng,Raja Bone Ke II : La Ummasa To Mulaiye Panreng,Raja Bone I : Manurunge Ri Matajang Mata Silompoe,Raja Bone I : Manurunge Ri Matajang Mata Silompoe,Bantimurung,Kembar Batu Barae,Barania,Kabupaten Barru,air Terjun Bonto Sallaung,Pemandian Alam Eremmerasa,Pemandian Air Panas Lejja, Pemandian Alam Ompo,Villa Yuliana,Wisata Sejarah dan Budaya,Wisata alam

Poskan Komentar

Saya butuh komentar anda untuk membangun blog ini

Tuliskan komentar anda disini..

Berlangganan artikel lewat email :

Delivered by FeedBurner